Semua Tentang Ikan Cupang

Rabu, 08 Januari 2014

Ikan Cupang Crown Tail/ Comb Tail

Ikan cupang crown tail atau biasa disebut oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan serit, merupakan ikan cupang asli Indonesia yang pertama kali ditemukan pada tahun 1997 di Slipi, Jakarta Barat. Disebut serit karena ikan cupang jenis ini memiliki sirip yang bergerigi seperti layaknya sisir. Ikan cupang serit sebenarnya terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu serit tunggal (comb tail), dan serit ganda/ serit silang (crown tail). 

Ikan Cupang Comb Tail (Serit Tunggal)

http://ikancupangqu.blogspot.com/2014/01/ikan-cupang-crown-tail.html#.UtvpS_TZFw0

Disebut comb tail atau serit tunggal karena cupang jenis ini hanya memiliki 1 tulang serit yang memanjang, sehingga IBC menjuluki comb tail dengan sebutan fringe finned betta. Saat ini comb tail sudah sulit ditemukan bahkan di Indonesia sekalipun.

Ikan Cupang Crown Tail (Serit Ganda/ Serit Silang)

http://ikancupangqu.blogspot.com/2014/01/ikan-cupang-crown-tail.html

Jika comb tail hanya memiliki 1 tulang serit yang memanjang, maka crown tail memiliki dua atau lebih tulang serit yang memanjang. Bahkan saat ini sudah cukup banyak crown tail yang memiliki delapan serit yang memanjang. Meskipun terkadang terlihat seperti sirip yang sobek, tetapi ikan cupang crown tail memiliki daya tarik tersendiri seperti halnya ikan cupang jenis halfmoon.


Lihat: galeri foto crown tail


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Ikan Cupang qu | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com