Semua Tentang Ikan Cupang

Sabtu, 14 Desember 2013

Berbagai Jenis Ikan Cupang Hias Berdasarkan Bentuk Siripnya

Ikan cupang hias adalah jenis ikan cupang yang paling indah dibandingkan dengan ikan cupang lainnya seperti ikan cupang liar dan ikan cupang aduan. Ikan cupang hias kemudian dibagi lagi menjadi empat jenis berdasarkan bentuk siripnya. Inilah berbagai jenis ikan cupang hias berdasarkan bentuk siripnya versi ikancupangqu:

1. Ikan Cupang Halfmoon (Separuh Bulan)

http://ikancupangqu.blogspot.com/2015/01/galery-foto-halfmoon.html

Sesuai dengan namanya, ikan cupang halfmoon (separuh bulan) merupakan ikan cupang yang bentuk siripnya menyerupai bentuk dari separuh bulan. Siripnya mampu mengembang hingga 180 derajat hingga membentuk setengah lingkaran. Halfmoon merupakan salah satu jenis ikan cupang hias yang paling dicari oleh masyarakat umum karena bentuk anal, dorsal, dan caudal yang panjang terurai. Ingin tahu lebih banyak tentang ikan cupang halfmoon? Klik disini.

2. Ikan Cupang Serit (Crown Tail/ Comb Tail)

http://ikancupangqu.blogspot.co.id/2014/01/ikan-cupang-plakat.html


Ikan cupang serit berdasarkan bentuk seritnya sebenarnya terbagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu serit tunggal (comb tail), dan serit ganda/ serit silang (crown tail). Tetapi masyarakat umumnya tidak membedakan antara kedua jenis ikan cupang tersebut. Cupang serit sendiri merupakan jenis ikan cupang yang memiliki sirip bergerigi seperti sisir. Serit merupakan ikan cupang asli Indonesia, ikan ini pertama kali ditemukan di Slipi Jakarta Barat pada tahun 1997. Seperti halnya halfmoon, cupang serit juga memiliki sirip yang sangat indah. Lihat lebih banyak tentang ikan cupang crown tail disini.

3. Ikan Cupang Plakat  

http://ikancupangqu.blogspot.com/2013/12/berbagai-jenis-ikan-cupang.html


Ikan cupang plakat merupakan jenis ikan cupang hias yang berasal dari Thailand. Kata plakat sendiri diambil dari bahasa thai yang berarti "laga" atau "aduan." Karena pada awal kemunculannya plakat memiliki sirip seperti sekop sehingga sering di anggap sebagai cupang aduan. Cari tahu lebih banyak tentang ikan cupang plakat dengan klik disini.

4. Ikan Cupang Double Tail

http://ikancupangqu.blogspot.co.id/2014/01/ikan-cupang-double-tail.html

Ikan cupang double tail merupakan jenis ikan cupang hias yang memiliki sirip ekor bercabang (dua buah). Double tail memang sangat berbeda dengan jenis lainnya, selain memiliki 2 buah caudal ia juga memiliki dorsal dan anal yang sama panjangnya. Artikel selengkapnya tentang ikan cupang double tail bisa dilihat disini.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Ikan Cupang qu | Powered by Blogger
Design by SimpleWpThemes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com